Langkah Mudah untuk Menyiapkan Bakso sapi Anti Gagal

Bakso sapi.

Bakso sapi

Anda sedang mencari inspirasi resep bakso sapi yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal bakso sapi yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari bakso sapi, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan bakso sapi enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah bakso sapi yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Bakso sapi memakai 12 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Bakso sapi:

  1. Ambil 500 gram daging sapi.
  2. Siapkan 100 gram tepung sagu/tapioka.
  3. Sediakan 100 gram es batu.
  4. Siapkan 3 sdt garam.
  5. Gunakan 1 sdt merica butir (ditumbuk).
  6. Ambil 1/2 sdt baking powder.
  7. Sediakan 2 sdt kaldu bubuk sapi/kaldu jamur.
  8. Siapkan 1 sdm bawang putih goreng.
  9. Sediakan 1 sdm bawang merah goreng.
  10. Siapkan 1 sdt gula pasir.
  11. Ambil 1 butir putih telur.
  12. Gunakan Air secukupnya untuk merebus.

Langkah-langkah menyiapkan Bakso sapi:

  1. Potong kecil kecil daging lalu masukkan dagingnya, bawang merah dan bawang putih goreng, dan setengah dari es batu ke dalam food processor lalu giling hingga setengah halus.
  2. Masukkan garam, merica, gula, kaldu bubuk, baking powder, putih telur, dan sisa dari es batu ke dalam food processor lalu giling lagi hingga menjadi halus dan kemudian masukkan tepungnya dan giling lagi hingga rata.
  3. Setelah itu keluarkan adonan dan pindahkan ke dalam wadah.
  4. Didihkan air sambil diberi garam sedikit, lalu kecilkan api. Ambil adonan daging dengan tangan lalu sendok menjadi bulat bulat (seperti membuat bakso pada umumnya), lalu masukkan ke dalam air yang sudah dididihkan tadi. Lalu masak hingga matang.
  5. Bakso yang terapung artinya sudah matang. Agar teksturnya lebih kenyal setelah bakso terapung diatas air yang mendidih lalu tiriskan dan kemudian masukkan ke dalam air es batu sebentar saja.
  6. Lalu angkat, tiriskan. Dan bakso sudah bisa di konsumsi atau disimpan di dalam freezer.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat bakso sapi yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Amelia

Seorang wanita yang memiliki hoby memasak. Punya warung bakso dan penggemar bakso

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *